Komponen Penting yang Sering Dilupakan dalam Pembangunan Rumah

Komponen Penting yang Sering Dilupakan dalam Pembangunan Rumah

Memiliki sebuah rumah untuk tempat tinggal adalah kebutuhan utama bagi setiap keluarga. Namun, tidak semua dari kita punya pengetahuan yang cukup untuk mengetahui apa saja komponen yang harus diperhatikan saat membuat rumah. Kendala tersebut seringkali menjadi masalah yang serius. Untuk itu, kami telah menyiapkan beberapa solusi yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membuat rumah, diantaranya:

  1. Menghitung estimasi biaya

Mewujudkan sebuah rumah agar bisa dihuni secara nyaman dan aman, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Itulah mengapa Anda perlu menghitung biaya dengan cermat dan teliti, mulai dari jumlah biaya membuat rumah, volume pekerjaan, harga bahan, upah pekerja, maupun pemeriksaan terakhir pekerjaan (checklist). Semua itu bertujuan untuk menekan biaya Anda dalam membuat rumah, sehingga akan lebih efisien dan terukur sesuai dengan keinginan pemilik rumah.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika melakukan penghitungan estimasi biaya sebelum Anda membangun rumah:

  • Dapat mengetahui berapa volume dari macam-macam bahan bangunan yang akan Anda beli.
  • Dapat mengatur perputaran keuangan karena jumlah biaya pembuatan rumah sudah diketahui sebelumnya.
  • Dapat mengkontrol pekerjaan yang sudah maupun yang belum selesai dikerjakan
  • Dapat membantu Anda dalam menegosiasikan harga penawaran dari kontraktor, sehingga tidak merugikan Anda sebagai pihak pertama.
  1. Menyimpan bahan material bangunan secara cermat

Masalah yang kadang bisa saja terjadi ketika proses pembuatan rumah, adalah bahan-bahan material yang Anda simpan hilang atau berkurang tanpa sepengetahuan Anda. Kehilangan material bangunan tandanya Anda rugi baik dari struktur konstruksi, lama pengerjaan, ataupun biaya pembangunan. Solusi sederhana yang bisa Anda pakai adalah menyediakan tempat penyimpanan material khusus. Misalkan, Anda tempatkan di pojokan ruangan sebagai ruang penyimpanan. Dengan begitu, setidaknya Anda tidak meletakkan bahan material di area yang mudah dilihat oleh orang umum.

  1. Persiapan dan pembersihan lahan

Salah satu langkah awal yang harus dikerjakan apabila Anda akan mulai membuat rumah, adalah mempersiapkan lahan agar dalam kondisi yang mendukung pelaksanaan pembangunan. Lahan yang akan Anda bangun harus bersih dari rumput liar, semak-semak, batuan, dan terutama  akar pohon. Hal tersebut untuk menghindari penurunan pada lantai keramik yang disebabkan oleh sisa-sisa akar pohon yang membusuk. Sedangkan, pembersihan rumput liar dan semak-semak berbatuan, akan memudahkan tukang/pekerja bangungan dalam bekerja di area lahan yang akan Anda bangun. Setelah Anda memastikan semuanya bersih, pekerja bangunan bisa memulai pengerjaan lahan dengan proses galian atau urugan.

  1. Memilih penyedia jasa kontraktor bangunan

Pilihan yang tepat bagi Anda yang tidak mau terlalu dipusingkan dengan masalah-masalah pembuatan rumah. Dengan memilih jasa bangun rumah secara tepat, Anda bisa lebih punya banyak waktu luang untuk keperluan lainnya. Namun, Anda juga harus tetap berhati-hati dalam memilih jasa kontraktor. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan semua kesepakatan dan perjanjian sebelum proses pembuatan rumah dilakukan. Anda tidak perlu ragu atau sungkan untuk menanyakan apa saja yang harus Anda tahu untuk hasil rumah yang akan Anda tempati. Ajukan beberapa permintaan yang rinci dan spesifik, mulai dari jenis material yang ingin Anda gunakan, sampai memilih desain rumah sesuai keinginan Anda.

Komponen Penting yang Sering Dilupakan dalam Pembangunan Rumah

Semua proses tawar-menawar tersebut bisa Anda lakukan secara gratis melalui situs Sejasa.com. Anda bisa mengajukan pertanyaan dan berkonsultasi apapun secara gratis di situs tersebut. Lewat konsultasi tersebut, tim Sejasa.com akan memberikan beberapa rekomendasi penyedia jasa kontraktor pilihan yang tentunya professional dan terpercaya. Rasakan mudahnya membuat rumah di situs Sejasa.com!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *